Ilmu Loe Ilmu Gue, Ilmu Gue Ya Ilmu Gue Lah...: Seminar Dengan 3 Pembicara Handal dan Profesional

Jumat, 29 April 2016

0

Seminar Dengan 3 Pembicara Handal dan Profesional

Hallo guys, seperti biasa pada kamis ceria saya akan memposting seminar yang berkaitan tentang BP atau yang lebih di kenal dengan “Business Practice”. Nah pada kali ini tempatnya bukan di kampus, tapi acara kita seminar besar dan teman – teman dari luar bisa mengikuti seminar ini. Seminar kita kali ini berjudul “Developing Entreprenurial Mindset : How Passion and Innovation Drive Success” yang di adakan di Hotel Kartika Graha Malang. Dalam seminar ini ada 3 pembicara yaitu Tanadi Santoso, M. Arief Budiman, dan Ong Eric Yosua. Nah, nanti saya akan menerangkan sedikit, siapakah para pembicara dalam seminar yang diadakan Kampus ASIA Malang.

1. Arief Budiman (Passion & Creativity)


Sebagai Chief executive officer Petakumpet. Merupakan pembicara topik kreativitas di lebih dari 400 perusahaan besar antara lain Bank Mandiri, Indosat, Telkomsel, Telkom, Bank Indonesia, dan lain – lain. Membangun Petakumpet menjadi The Most Admired Company In The World yang mempunyai ratusan klien antara lain Group Djarum, Group Kedaulatan Rakyat, Plaza Ambarukmo, Angkasa Pura 1 dan PT. Lokaniaga Adipertama.

2. Ong Eric Yosua (Entrepreneurship & Selling Skills)
Peraih MURI motivator termuda yang berkarya di 4 Negara. Pengusaha muda, mantan dosen dan motivator yang memulai usaha dari NOL. 

3. Tanadi Santoso (Innovation & Negotiation)



Setelah menyelesaikan pendidikan civil engineering-nya di Taiwan. Tanadi Santoso membuka toko komputer pada tahun 1986 dan sampai saat ini Tanadi Santoso juga masih aktif dalam bisnis  pendidikan S1 di Malang dan Bali, program setara D1 di Malang, Madiun, dan Bali; Perusahaan web-design, graphic, dan multimedia miliknya pun berjalan sukses di Jakarta dan Surabaya; Sandler Training; Gift Shop Pipiland; Property dan beberapa binis lainnya.
Tahun 2002 sampai saat ini Tanadi Santoso masih aktif mengisi acara Business Wisdom di Radio Bisnis Pas Fm : Jakarta (92.4), Surabaya (104.3), Semarang (106.0), Solo (90.9) dan berbagai stasiun radio lainnya. Berbekal Pengalaman keberhasilan dan kegagalan berbisnis selama lebih dari 25 tahun itu serta Ilmu – ilmu MBA dari University of Chicago, Tanadi Santoso sering mengadakan Seminar dan In- house Training di berbagai perusahaan ternama. Sebagai seorang Business Motivational Speaker, Tanadi Santoso selalu belajar, mengikuti training – training dan meng-update ilmu-ilmu bisnisnya dengan mengikuti kelas executive education yang diselenggarakan di UC Berkeley dan Stanford University.
Sebelum seminar di mulai Pak Tanadi menyampaikan hal – hal yang telah di tempuh Mahasiswa ASIA Malang baikn STMIK maupun STIE selama 4 Semester.
  • Professional mindset : Business Practice 1
  • Salesmanship, market research design thinking, business model : Business Practice  2
  •  Digital marketing : Business Practice  3
  • Business functions : Business Practice  4

Dalam seminar ini Bapak Ong Eric Yosua menyampaikan mengenai My Quantum Leap (Lompatan Jauh ke Depan Melalui Entrepreneurship), Bapak Arief Budiman mengenai Passion in Business, dan Bapak Tanadi Santoso mengenai Inovasi atau Mati. Saya akan menshare hasil rangkuman yang saya dapatkan dari seminar tersebut, tetapi saya hanya menuliskan hasil seminar dari pembicara Pak Tanadi Santoso karena beliau sudah 30 Tahun berbisnis dan menikmati manis asinnya kehidupan.


Menurut Tal Ben Shahar orang hebat punya 3 karakteristik yaitu:
  • Plin – plan (Janusian Thinking) yaitu berfikir dari 2 pemikiran yang tidak sama, harus 2 garis dan tetap bijaksana pada kebijakan yang ekstrim.
  • Contrarian (orang yang melawan arus)
  • Beautiful Enemy
Inovasi adalah penemuan yang ditujukan untuk menciptakan sesuatu yang relatif baru dengan nilai tambah yang lebih tinggi. Inovasi merupakan gabungan dari berbagai hal-hal lain yang sudah ada. Hasil inovasi memberi manfaat langsung dan dirancang untuk untuk segera di komersialkan guna untuk mendapatkan keuntungan, berbeda dengan imitasi, konsep inovasi memasukan unsur kontribusi asli yang cukup besar, ada dua tingkatan inovasi, yaitu inovasi inkremental dan inovasi radikal. 
  1. Inovasi Inkremental Inkremental berarti ada sesuatu yang bertambah atau meningkat karena kegiatan inovasi, tetapi pada dasarnya tidak terlalu jauh dari ide produk yang sudah ada sebelumnya. Pada inovasi jenis ini tidak ada yang sangat berbeda antara hasil inovasi dan produk yang mendasarinya.Walaupun demikian, inovasi inkremental sering menghasilkan nilai tambah yang signifikan bagi penggunanya. Jadi, nilai tambahnya bisa tinggi tetapi perbedaan pada produknya relatif tidak besar. Inovasi inkremental sering sulit di bedakan dengan imitasi superior. 
  2. Inovasi Radikal Inovasi radikal berbeda dengan inovasi inkremental,inovasi radikal memberikan lonjakan signifikan dalam benefit atau nilai yang ditawarkan, demikian pula dengan keaslian ide yang mendasarinya. Perbedaan nilai hasil inovasi ini bagi pemakainya bisa cukup mengejutkan.Inovasi radikal akan mendorong inovasi inkremental dan berbagai jenis imitasi dengan segera.
4 elemen dalam inovasi, yaitu :
  1. People / Manusia
  2. Value / Nilai Lebih
  3. Implementation / Implementasi
  4. New Idea / Ide Baru
Kita harus merubah perilaku mulai dari dalam diri kita terlebih dahulu bila kita ingin berhasil
Thought /Pikiran  => Feeling / Perasaan => Action / Tindakan == Result / Hasil
Kita semua perlu ‘kotak’ untuk berpikir. Berpikir di luar kotak memberikan kesempatan baru. Berpikir dengan kotak yang sama, akan menghambat kemajuan. Kita perlu menciptakan kotak baru. Ketika kita tidak mendapatkan jawaban atas permasalahan yang kita hadapi, maka kita harus merubah pertanyaan tersebut. Dan terakhir kata - kata dari Martin Luther King Jr. dapat mengispirasi hidup kita :
"Jika seorang menjadi penyapu jalanan, ia haruslah menyapu jalan seperti Michaelangelo melukis, atau Beethoven menyusun music atau Shakespeare menulis. Dia harus menyapu
jalanan dengan baik sehingga semua
penghuni surga dan bumi akan berhenti sejenak untuk mengatakan, "Di sini ada penyapu jalanan hebat yang telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik."

Sekian teman - teman seminar yang dapat saya rangkum dari Bapak Tanadi. Yang pasti acaranya seru dan meriah. Berikut dokumentasi yang bisa saya ambil dari kamera hp sendiri dari suasana yang ada di Hotel Kartika Graha (mohon maaf kalau gelap..hehehehhe)
Bapak Ibu fasil yang eksis 












 
ini adalah penghargaan yang di berikan saat BP3 yang sudah kami lewati

















0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomen-komenlah sesuka hatimu, tapi tetap berpegang pada norma yang ada. Terima Kasih...

 
PHINA
Tema punya:Chriscraps©